×
×
Kamis, 09 Desember 2021
OBS 2019
loading content

Urutkan Kronologi, KPK Jamin Beberkan Semua Temuan Formula E

Kamis, 11 November 2021, 16:29 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Jimmy Radjah

Urutkan Kronologi, KPK Jamin Beberkan Semua Temuan Formula E

Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sumber foto : bidikdata.com

Infoangaran.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah mendalami kemungkinan adanya modus korupsi dalam rencana penyelenggaran Formula E. Pendalaman di tahap penyelidikan ini berupa mengurutkan perkara itu secara kronologis.

Meski begitu, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto enggan memerinci lebih lanjut kronologis yang dimaksud dalam dalam kasus itu. Alasannya, menjaga kerahasian penyelidikan. Masyarakat diminta bersabar. KPK menjamin bakal membeberkan semua temuannya saat kasus itu sudah rampung.
 
"Prinsipnya, biarkan kami melakukan pekerjaan, dan nanti pada saatnya pasti akan kita sampaikan kepada masyarakat," ujar Karyoto.

Sebelumnya, KPK mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan PT Jakpro yang menyerahkan dokumen terkait penyelenggaraan Formula E DKI Jakarta. Penyerahan itu dilakukan oleh Inspektorat DKI bersama Direktur Utama Jakpro dan Anggota Bidang Hukum dan Pencegahan Korupsi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bambang Widjojanto.

Setelah menerima dokumen, kata Plt Juru bicara KPK Ali Fikri, tim penyelidik menelaah dan mengkaji dokumen tersebut secara detail dan mendalam untuk memperoleh informasi dan data dalam proses penyelidikan perkara ini.

KPK berharap pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Formula E terus kooperatif untuk proses-proses pemeriksaan dan kebutuhan pendalaman berikutnya jika diperlukan keterangan dan konfirmasi lebih lanjut. Hal ini untuk proses hukum demi keadilan dan terangnya suatu perkara.

“Sedangkan mengenai materi kasus, saat ini KPK belum bisa menyampaikannya kepada publik mengingat perkara ini masih dalam proses tahap penyelidikan,” kata Ali.

Sementara itu, Bambang Widjojanto selaku tim hukum Pemprov DKI menuturkan, dokumen yang diserahkan ke KPK itu merupakan himpunan seluruh dokumen yang terdiri dari proses persetujuan hingga persiapan penyelenggaraan Formula E.

“Dari dokumen ini mudah-mudahan semua, every single evidence yang kita punya, yang kita berikan kepada KPK, karena tujuannya yang penting kita mau bikin tradisi baru ya,” ujar Bambang di Gedung Merah Putih KPK, Selasa.

Bambang berharap bahwa pemerintah harus betul-betul bertanggung jawab terhadap proses yang harus dilakukan. Selain dokumen penyelenggaraan, menurut Bambang, pihaknya juga memberikan sejumlah bukti-bukti yang diperlukan KPK sebagai penegak hukum.

“Jadi kita kasih semua dokumen itu,” ucap Bambang.

Tagar. #KPK #Formula E #Jakpro #Korupsi #pemprov dki

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Kamis, 09 Desember 2021, 19:55 WIB

Draf RUU TPKS Juga Mengatur Kekerasan Seksual Berbasis Digital

Kekerasan seksual berbasis digital kian sering terjadi akhir-akhir ini.

selengkapnya
Draf RUU TPKS Juga Mengatur Kekerasan Seksual Berbasis Digital