×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Tak Tingkatkan Profesionalitas, 1,6 Juta ASN Terancam Kerja di Rumah

Selasa, 21 Desember 2021, 13:00 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Jimmy Radjah

Tak Tingkatkan Profesionalitas, 1,6 Juta ASN Terancam Kerja di Rumah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (Foto:menpan.go.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) pelaksana meningkatkan profesionalitasnya. Apabila tidak bisa meningkatkan profesionalitasnya, Tjahjo mengatakan lebih baik para tenaga pelaksana bekerja di rumah sampai pensiun.

Sebagai gantinya, di kantor akan ditempatkan eselon I dan eselon II sebagai organisator dalam mempercepat perizinan dan pelayanan kepada publik.

"Kalau tidak bisa kita tingkatkan profesionalitasnya lebih baik kerja di rumah saja sampai pensiun. Kemudian yang kerja di kantor menempatkan eselon I dan eselon II sebagai leader," kata Tjahjo lewat tayangan Youtube Kemenpan RB, Selasa (21/12/2021). 

Kemenpan RB sendiri akan mulai menata penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat ini jumlah ASN mencapai 4,2 juta. Dari jumlah itu, 1,6 juta di antaranya adalah tenaga pelaksana atau administrasi dan akan mulai ditata penempatannya. 

"ASN kita dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada 4,2 juta. Tapi 1,6 juta itu adalah tenaga pelaksana. Kan enggak mungkin tenaga pelaksana itu langsung seperti (di) BUMN dipensiunkan, dipesangon. Nanti Pak Sekjen Kementerian Keuangan pasti akan pusing kalau seandainya 1,6 juta harus dapat pesangon. Saya kira 1,6 juta tenaga pelaksana administrasi ini (akan) mulai ditata,” ujar Tjahjo.

Salah satu penataan itu adalah untuk program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sebanyak 1 juta tenaga pelaksana diperuntukkan bagi PPPK.

"Sekarang ada 1 juta PPPK untuk guru. Kemarin (tenaga PPPK) diambilkan dari 1,5 juta hampir 1,6 juta (tenaga pelaksana)," ungkap Tjahjo. 

Langkah seperti ini menurutnya dapat membantu ASN meningkatkan profesionalitasnya.

Tagar. #pensiun #tenaga pelaksana #ASN #menpan RB #tjahjo kumolo

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya