×
×
Kamis, 13 Mei 2021
OBS 2019
loading content

Selesaikan Sengketa di Sektor Keuangan, OJK Bentuk LAPS

Senin, 30 November 2020, 14:43 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Selesaikan Sengketa di Sektor Keuangan, OJK Bentuk LAPS

Ilustrasi. (mncnews.co.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi membentuk Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Lembaga ini guna menengahi sengketa mulai dari perbankan, asuransi, penjaminan, hingga fintech.

"LAPS SJK adalah lembaga yang melakukan penyelesaian sengketa di luar pengadilan," ujar Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot, Senin (30/11/2020).

Usai LAPS SJK dibentuk, Sekar mengatakan penyelesaian sengketa di sektor keuangan akan dilakukan secara terintegrasi pada awal 2021 mendatang. Sebab, lanjutnya, kehadiran lembaga tersebut guna mengintegrasikan enam lembaga sengketa yang sudah ada.

Ke-6 lembaga itu adalah Badan Arbitrasi Pasar Modal Indonesia (BPMI), Badan Mediasi dan Arbitrasi Asuransi Indonesia (BPMI), Badan Mediasi Dana Pensiunan (BMDP).

Lalu Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia, Badan Mediasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (BAMPPI, serta Badan Mediasi Pembiayaan, Pegadaian, dan Ventura Indonesia (BAMPPVI).

 

Mudahkan Masyarakat

Lebih jauh, Sekar menyatakan bahwa keberadaan LAPS SJK bisa lebih memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan sengketa dengan industri yang bergerak di sektor keuangan.

"Penyelesaian sengketa akan lebih cepat karena telah tersentralisasi. Mengingat, semakin banyak produk keuangan yang hybrid," jelas Sekar.

Tidak hanya itu, kehadiran LAPS SJK juga punya beberapa manfaat seperti memberikan layanan penyelesaian sengketa yang profesional, kredibel, dan independen.

Selain itu, bisa meningkatkan aksesibilitas konsumen dan masyarakan dalam penyelesaian sengketa, terutama menyangkut produk yang bersifat hybrid.

Manfaat lainnya adalah "meningkatkan kepercayaan konsumen dan masyarakat pada industri jasa keuangan," tukas Sekar.

Mengacu pernyataan Sekar, masyarakat yang bisa mengajukan sengketa ke LAPS SJK adalah konsumen yang menempatkan dana atau memanfaatkan layanan yang tersedia di Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Sengketa dapat diajukan khusus produk dan layanan dari delapan industri jasa keuangan yang terdaftar dan berizin dari OJK mulai perbankan, pasar modal, modal ventura, dana pensiunan, asuransi, penjaminan, pembiayaan, dan fintech.

Tagar. #OJK #lembaga penyelesaian sengketa #LAPS SJK

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Selasa, 11 Mei 2021, 17:50 WIB

Tata Kelola Pemerintahan Buruk Penyebab Papua Belum Maju

Jika persoalan pemerintahan bisa dibenahi,maka tujuan Otsus dapat tercapai.

selengkapnya
Tata Kelola Pemerintahan  Buruk Penyebab Papua Belum Maju