×
×
Kamis, 09 Desember 2021
OBS 2019
loading content

Produk UMKM Sulit Dapat Izin Edar BPOM

Senin, 17 Mei 2021, 15:40 WIB
Penulis: Redaksi
Editor: Jimmy Radjah

Produk UMKM Sulit Dapat Izin Edar BPOM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Foto: Dok Kemenkop dan UKM)

Infoanggaran.com, Jakarta  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM masih kesulitan untuk mendapatkan izin edar produk dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Tak sedikit pelaku UMKM yang masih mendapatkan kesulitan dalam mengakses izin edar dari BPOM," kata Teten di acara Halalbihalal Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (17/5/2021).

Teten mengungkapkan, standar pengajuan yang digunakan pelaku UMKM untuk saat ini masih mengikuti untuk skala industri. Maka tak heran, banyak pelaku UMKM yang sulit mendapatkan izin edar produk.

Akibatnya, produk UMKM sulit berkembang karena kapasitasnya berbeda. “Maka, ini harus menjadi perhatian bersama demi nasib pelaku UMKM,” tutur dia.

Untuk itu, Teten meminta para pejabat dan pegawai di Kementerian Koperasi dan UKM memperjuangkan agar pelaku UMKM lebih mudah mendapatkan izin edar dari BPOM. "Kita harus perjuangkan ini bisa semakin mudah. Makanya kita dorong strandar khusus yang kita usulkan ke BPOM agar diberi kemudahan," kata Teten.

Secara internal, kata dia, Kementerian Koperasi dan UKM juga telah melakukan restrukturisasi organisasi. Tujuannya untuk menyederhanakan birokrasi agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih mudah dan singkat.

"Selain buat kemudahan pelayanan kepada masyarakat, supaya tidak bertele-tele dan biayanya lebih murah," kata Teten.

Tagar. #UMKM #kemenkop #teten masduki #BPOM #izin edar BPOM

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Kamis, 09 Desember 2021, 19:15 WIB

Rumah Cegah, Aplikasi Pencegahan Korupsi dari Kemendikbud Ristek

Seiring perkembangan dunia digital, program pencegahan korupsi dapat dilakukan melalui aplikasi Rumah Cegah.

selengkapnya
Rumah Cegah, Aplikasi Pencegahan Korupsi dari Kemendikbud Ristek