×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

Potensi Bisnis UMKM di KEK Mandalika Capai Rp2,2 Triliun

Selasa, 15 Februari 2022, 15:58 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

Potensi Bisnis UMKM di KEK Mandalika Capai Rp2,2 Triliun

Ilustrasi KEK Mandalika. (Foto: ntbprov.go.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Deputi III Kantor Kantor Staf Presiden (KSP) Panutan Sulendrakusuma mengungkapkan, potensi bisnis pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai Rp2,2 triliun.

Menurut Panutan, perhitungan tersebut didapatkan setelah lembaga yang dipimpin Moeldoko ini melakukan kajian dampak multiplier dari realisasi investasi KEK Mandalika.

"Hasil estimasi multiplier effect KEK Mandalika sebesar Rp4,8 triliun. Dari jumlah itu, 45,8 persen akan lari ke UMKM atau sekitar Rp2,2 triliun," terang Panutan, Selasa (15/2/2022).

Panutan mengatakan, momentum World Superbike Championship (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022 telah berimplikasi besar bagi geliat UMKM, khususnya sektor pariwisata.

Oleh karena itu, dia yakin akan semakin banyak UMKM lokal yang terlibat langsung dalam menunjang wisata prioritas Mandalika ke depannya.

"Seperti tumbuhnya UMKM penyedia sewa mobil dan motor, akomodasi penginapan homestay, dan camping ground," kata dia.

Panutan menambahkan, pertumbuhan UMKM di KEK Mandalika juga akan  memberikan dampak positif bagi perekonomian NTB. Terlebih, struktur perekonomian NTB telah didominasi oleh pelaku UMKM.

"Estimasi pertumbuhan ekonominya 1,7 persen. Itu kontribusi dari KEK Mandalika," beber Panutan.

Lebih lanjut, Panutan menegaskan bahwa KSP juga berkomitmen mendorong implementasi program-program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM).

Program yang dimaksud antara lain revitalisasi kelembagaan dan fasilitasi pembiayaan pasar tematik (pusat oleh-oleh, cenderamata dan handicraft), serta lembaga inkubator wirausaha.

"Ini dalam rangka dukungan dan pemberdayaan UMKM Mandalika," imbuh Panutan.


Tagar. #UMKM #kek mandalika #KSP

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya