×
×
Sabtu, 23 Oktober 2021
OBS 2019
loading content

Pengentasan Kemiskinan Desa Harus Berbasis SDGs Desa

Rabu, 02 Juni 2021, 20:54 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

Pengentasan Kemiskinan Desa Harus Berbasis SDGs Desa

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Infoanggaran.com, Jakarta  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri meminta agar pengentasan kemiskinan di desa bebasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Hal tersebut disampaikan kepada Wakil Bupati Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kim Taolin saat membahas rencana pengentasan kemiskinan.

"Sehingga nanti, warga Malaka tidak boleh lagi ada yang tidak bisa makan atau kelaparan, busung lapar atau kurang gizi, stuntingnya banyak. Ini suatu program yang luar biasa," kata Gus Menteri, Rabu (2/06/2020).

Lebih lanjut, Gus Menteri mengungkapkan, ia tertarik dan mendukung program yang disusun pemerintah Kabupaten Malaka tersebut, terutama terkait ketahanan pangan dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

Sebab menurutnya, program ketahanan pangan yang digagas Kim Taolin selaras dengan pembangunan berbasis SDGs Desa, yang di dalamnya terdapat poin desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan dan desa sehat dan sejahtera.

Untuk itu, Gus Menteri meminta masyarakat Malaka agar menyambut baik dan mendukung program-program tersebut agar kemiskinan di kabupaten yang memiliki 127 desa itu dapat segera teratasi.

"Saya mengajak warga masyarakat Kabupaten Malaka untuk terus bekerja secara semangat bersama dengan Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati," pungkasnya.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Tagar. #pengentasan kemiskinan #Dana Desa #Mendes PDTT #SDGs Desa #Kemendes PDTT

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Senin, 18 Oktober 2021, 15:26 WIB

Ketua DPRD DKI: Anies Harus Jelaskan Penggunaan Anggaran Formula E

Hak interpelasi perlu dilakukan DPRD DKI semata-mata untuk menjalankan fungsi pengawasan.

selengkapnya
Ketua DPRD DKI: Anies Harus Jelaskan Penggunaan Anggaran Formula E
DPRD DKI Sepakati APBD Rp79,52 Triliun

Senin, 11 Oktober 2021, 21:09 WIB

DPRD DKI Sepakati APBD Rp79,52 Triliun