×
Kamis, 24 September 2020
loading content

Pemerintah Bakal Tentukan Standar Harga Tes PCR

Selasa, 15 September 2020, 14:14 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

Pemerintah Bakal Tentukan Standar Harga Tes PCR

PCR test (Foto: Istimewa)

Infoanggaran.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan mematok standar harga uji Polymerase Chain Reaction (PCR Test) baik untuk rumah sakit pemerintah maupun swasta.

"Kementerian Kesehatan akan mengevaluasi dan akan menetapkan harga jasa tes PCR tersebut," ungkap Airlangga, Senin (14/9/2020). Tujuannya agar harga tes PCR akan seragam dan mencegah terjadinya lonjakan harga yang tidak terkendali di pasaran.

Selain itu, untuk pencegahan penyebaran Covid-19, Airlangga menyatakan pemerintah tengah meningkatkan kampanye mengenai kedisiplinan masyarakat yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau 3M.

Kemudian untuk penanganan, pemerintah juga akan menambah kapasitas fasilitas pelayanan kesehatan seperti flat isolasi mandiri di Wisma Atlet serta kerja sama dengan hotel bintang dua dan tiga untuk isolasi bagi yang tanpa gejala.

“Fasilitas dari pelayanan kesehatan Bad Occupancy Ratio (BOR) ruang isolasi tercatat sebesar 59 persen dan Intensive Care Unit (ICU) sebesar 63 persen,” katanya.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar insentif bagi sektor pariwisata dikaitkan dengan pengadaan vaksin mandiri apabila clinical trial atau uji coba klinis terhadap vaksin sudah selesai.

“Jadi hingga saat ini masih menunggu clinical trial, untuk selanjutnya dibuat program yang terkait dengan sektor pariwisata,” ujar Airlangga.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membeberkan, harga tes PCR dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak penyelenggara, urusan bidang kesehatan, termasuk penyelenggara kesehatan, Kementerian Kesehatan, serta provider dari PCR.

"Nanti, setelah dirumuskan, kami akan secara transparan kepada publik dan menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing PCR tersebut," katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini harga tes PCR di berbagai fasilitas kesehatan bervariasi mulai dari Rp1,5 juta - Rp3 juta persatu kali tes PCR.

Semakin tinggi harganya, makin cepat pula hasilnya dikeluarkan dari pihak fasilitas kesehatan. Bervariasinya harga tersebut disebabkan keterbatasan stok reagen di lapangan.

Tagar. #airlangga hartarto #Kemenkes #vaksin corona #tes pcr #harga tes pcr

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Kamis, 24 September 2020, 14:39 WIB

Pemerintah Didesak Terapkan Transfer Fiskal Berbasis Ekologi

Penerapan kebijakan fiskal berbasis ekologi bisa dilakukan melalui skema transfer dana insentif daerah hingga dana desa.

selengkapnya
Pemerintah Didesak Terapkan Transfer Fiskal Berbasis Ekologi
Anggaran Kemenag 2021 Naik Rp287,8 Miliar

Rabu, 23 September 2020, 15:43 WIB

Anggaran Kemenag 2021 Naik Rp287,8 Miliar