×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Pemerintah Bakal Perkuat Koperasi Petani Sawit

Rabu, 25 Mei 2022, 16:47 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Maryono

Pemerintah Bakal Perkuat Koperasi Petani Sawit

Kegiatan di perkebunan kelapa sawit. (Foto: investor.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki bakal memperkuat koperasi petani sawit.  Tujuannya, untuk membangun pabrik minyak sawit merah sebagai upaya ambil bagian dalam rantai pasok (supply chain) minyak sawit di dalam negeri. 

“Petani bisa membangun pabrik minyak sawit merah atau minyak makan merah,” ucap Teten, Rabu (25/5/2022).

Untuk membangun pabrik minyak sawit merah, Teten mengatakan, saat ini KemenkopUKM tengah mempersiapkan sejumlah koperasi petani sawit di seluruh Indonesia.

Rencananya, akan ada piloting pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit merah. Lokasinya ada di Kalimantan Tengah, Riau, dan Jambi. 

Piloting tersebut bakal fokus kepada sejumlah hal seperti kelembagaan, pembiayaan, maupun perluasan pasar petani sawit secara swadaya. Kemenkop UKM akan menyiapkan ekosistem serta membangun korporatisasi petani yang terhubung dengan market, pembiayaan, dan teknologi pengolahan yang modern.

“Dari sisi pembiayaan, kita juga akan mengkombinasikan pembiayaan swadaya petani dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), LPDB, dan perbankan,” sebut Teten. 

Menurut Teten, apabila seluruh petani tergabung dalam koperasi ini, setidaknya 35 persen dari produksi CPO nasional bisa disediakan oleh petani sawit. Tercatat, ada 42 persen atau sebesar 6,7 juta hektare lahan sawit dikelola oleh petani sawit swadaya. 

“Presiden memberikan arahan bahwa suplai minyak goreng di dalam negeri bisa dari mereka (petani sawit swadaya), ini sangat bisa,” jelas Teten.

Sebenarnya minyak sawit memiliki warna kuning kemerahan. Minyak sawit merah ini merupakan standar baru dari minyak sawit yang sudah ada selama ini. Minyak sawit merah sudah diproduksi di negara lain.

“Minyak sawit merah ini lebih sehat dari kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan vitamin A. Dari sisi produksi pun pengolahan minyak sawit merah ini sangat efisien dan kompetitif dari sisi harga,” ucap Teten.

Tagar. #koperasi petani sawit #minyak sawit merah #teten masduki

Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya