×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Pasal Perkosaan dan Aborsi Tetap Diatur RKUHP

Jumat, 08 April 2022, 19:00 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Maryono

Pasal Perkosaan dan Aborsi Tetap Diatur RKUHP

Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (Foto: merdeka).

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga berjanji akan mengakomodir catatan kritis mengenai pasal perkosaan dan pemaksaan aborsi yang tak diatur dalam RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Dia menegaskan pengaturannya tetap dalam revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). 

"Pemerintah akan memperjuangkan pengaturan kedua bentuk kekerasan tersebut nantinya akan diatur di dalam rancangan revisi KUHP. Ini sudah dipertegas oleh Pak Wamenkumham (Edward Omar Sharif Hiariej)," ujar Bintang dalam media briefing yang dilakukan secara virtual, Jumat (8/4/2022).

Seiring dengan proses revisi RKUHP, Bintang juga berjanji tidak akan mengabaikan korban kekerasan seksual baik itu karena pemaksaan aborsi maupun perkosaan.

Menurut Bintang, RUU TPKS tetap menjamin kepastian layanan dan hukum acara terhadap korban perkosaan sama seperti korban kekerasan seksual lainnya. 

"Meski secara hukum pidana tidak diatur di dalam RUU TPKS ini. Kita akan mengawal ini dan dalam pembahasan sudah dikatakan Pak Wamen," beber Bintang. 

Bintang menyadari pentingnya aturan mengenai perkosaan dan pemaksaan aborsi sebagai bagian dari kekerasan seksual.

Karena itu, Bintang optimistis rencana pembahasan RKUHP segera mulai pada bulan Juni 2022.

"Rancangan KUHP ini juga akan dibahas ke tahap pembicaraan tingkat kedua yang nantinya akan disahkan menjadi undang-undang," ucap Bintang.

Sebelumnya diberitakan, RUU TPKS telah selesai dibahas oleh pemerintah dan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI di pembicaraan tingkat I pada Rabu (6/4/2022). 

Pembahasannya bakal berlanjut pada pembicaraan tingkat II untuk disahkan menjadi Undang-undang pada Rapat Paripurna DPR.

Tagar. #Bintang Puspayoga #kekerasan #seksual #RUU #TPKS #aborsi #perkosaan

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya