×
×
Sabtu, 23 Oktober 2021
OBS 2019
loading content

Pakaian Dinas DPRD Tangerang Berbahan Louis Vuitton, Anggaran Sentuh Rp675 Juta

Selasa, 10 Agustus 2021, 12:19 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Pakaian Dinas DPRD Tangerang Berbahan Louis Vuitton, Anggaran Sentuh Rp675 Juta

Louis Vuitton. (kumparan.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan (Pokja ULP) Sekretariat DPRD Kota Tangerang menyampaikan, anggota DPRD DPRD Kota Tangerang bakal mengenakan pakaian dinas berbahan Louis Vuitton pada 2021.

“(Bahan Louis Vuitton) ini untuk yang PDH (pakaian dinas harian),” pejabat Pokja ULP Sekretariat DPRD Kota Tangerang Hadi Sudibjo, Senin (10/8/2021).

Sementara tiga pakaian lainnya bakal menggunakan bahan dari lini busana Lanificio Di Calvino untuk pakaian sipil resmi (PSR), Theodoro untuk pakaian sipil harian (PSH), dan Thomas Crown untuk pakaian sipil lengkap (PSL).

Anggaran pengadaan bahan pakaian 50 anggota DPRD Kota Tangerang itu akan menelan biaya sebesar Rp675 juta. Anggaran ini naik sekitar 54 persen ketimbang belanja pakaian dinas pada 2020 lalu yang hanya Rp312,5 juta.

Hadi melanjutkan, empat merek lini busana untuk pakaian dinas anggota DPRD Kota Tangerang diserahkan oleh pejabat pembuat komitmen (PPK) ke Pokja ULP.

Menurut dia, penentuan spesifikasi tersebut dilakukan setelah PPK melakukan tes laboratorium. "Hasilnya itu ada untuk kita evaluasi hasil lab sesuai atau tidak sesuai dengan yang diinginkan (PPK).

Hadi membeberkan, ada empat peserta tender saat proses pelelangan sebelum akhirnya ditentukan pemenangnya, yakni CV Adhi Prima Sentosa. Kemudian, lanjut Hadi, pihaknya menyerahkan hasil tender itu ke tim PPK.

"Tender sudah selesai tanggal 21 Juli itu, kami kasih pengantar hasil tender lalu masuklah ke ranah PPK. Setelah ini PPK-lah yang menindaklanjuti. Kami hanya mencari penyedia bahan," imbuh dia.

 

Tidak Tahu

Sebelumnya, pengadaan baju dinas anggota DPRD Kota Tangerang ramai diperbincangkan begitu mengetahui anggaran yang harus dikeluarkan melalui  https://lpse.tangerangkota.go.id/.

Banyak kalangan yang mengkritik lantaran anggaran belanja yang cukup fantastis di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya datang dari pengamat kebijakan publik Adib Miftahul yang mempertanyakan hati nurani anggota DPRD Kota Tangerang.

"Pertanyaannya, apakah jumlah tersebut masuk dalam kategori wajar dengan tingkat ketimpangan ekonomi saat ini? Ini yang menjadi pertanyaan mendasar saya kira," kata Adib, Rabu (4/8/2021).

Merespons polemik tersebut, pihak DPRD Kota Tangerang mengaku tidak mengetahui anggaran pakaian yang mencapai Rp675 juta itu, bahkan terkesan saling lempar.

Ketua DPRD Gatot Wibowo, misalnya. Dia mengaku tak mengetahui persoalan anggaran bahan pakaian yang meningkat. Dia juga mengaku tidak memahami bahan atau warna bahan pakaian yang bakal mereka gunakan nantinya

Menurut dia, pihak yang mengetahui persoalan meningkatnya anggaran tersebut adalah Sekretariat DPRD (Sekwan) Kota Tangerang.

Sementara itu, Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Tangerang Agus Sugiono mengaku tidak memantau perbedaan anggaran pada tahun ini dan tahun lalu.

Tagar. #dprd kota tangerang #pakaian dinas #louis vuitton #Anggaran

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Senin, 18 Oktober 2021, 15:26 WIB

Ketua DPRD DKI: Anies Harus Jelaskan Penggunaan Anggaran Formula E

Hak interpelasi perlu dilakukan DPRD DKI semata-mata untuk menjalankan fungsi pengawasan.

selengkapnya
Ketua DPRD DKI: Anies Harus Jelaskan Penggunaan Anggaran Formula E
DPRD DKI Sepakati APBD Rp79,52 Triliun

Senin, 11 Oktober 2021, 21:09 WIB

DPRD DKI Sepakati APBD Rp79,52 Triliun