×
×
Kamis, 13 Mei 2021
OBS 2019
loading content

Mahfud MD Sebut Kasus BLBI Rugikan Negara Rp109 Triliun

Senin, 12 April 2021, 15:39 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Mahfud MD Sebut Kasus BLBI Rugikan Negara Rp109 Triliun

Ilustrasi. (akurat.co)

Infoanggaran.com, Jakarta – Menteri Koordinator, Politik, Hukum dan HAM (Menkoplhukam) Mahfud MD mengungkapkan, pemerintah telah menghitung kerugian negara kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

“Saya baru saja memanggil Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan Jamdatun dari Kejagung. Tadi menghitung (kerugian BLBI) Rp109 triliun lebih,” ujar Mahfud dikutip Antara, Senin (12/4/2021).

Mahfud menjelaskan, pemerintah akan berusaha mengembalikan jumlah kerugian negara meski Mahkamah Agung sudah memutuskan kasus BLBI bukan ranah pidana pada 2019 lalu.

“Kita sudah mulai menginventarisir kalau ndak ada pidana, mari kita mulai sekarang untuk menagih perdatanya,” terang Mahfud.

Sebenarnya, kata Mahfud, pemerintah sudah melakukan upaya pengembalian kerugian negara sejak Juni 2020. Bahkan, lanjut dia, pemerintah pun langsung membuat tim begitu KPK mengumumkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) Sjamsul Nursalim.

Seperti diketahui, KPK mengeluarkan SP3 terhadap tersangka Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Sjamsul Nursalim yang diduga merugikan negara Rp4,58 triliun. Menurut lembaga antirasuah berpendapat, SP3 ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Presiden Jokowi membentuk Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang pada 6 April 2021 lalu. Satgas ini bertugas untuk memulihkan hak negara berupa hak tagih negara atas sisa piutang negara dari dana BLBI.

Hanya saja, Mahfud belum bisa memastikan berapa jumlah uang yang bisa dikembalikan ke kas negara. “(Kerugian negara Rp109 triliun) itu yang masih realistis untuk ditagih itu berapa, ini masih sangat perlu kehati-hatian.”

Kendati begitu, pemerintah sudah berupaya melakukan pengembalian kerugian negara kasus BLBI melalui Satgas. “Misalnya, tahun ini dapat berapa, tahun depan dapat berapa [….]. Kerugian negara ini tetap harus diselamatkan,” pungkas Mahfud.  

Tagar. #KPK #kerugian negara #korupsi blbi

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Selasa, 11 Mei 2021, 17:50 WIB

Tata Kelola Pemerintahan Buruk Penyebab Papua Belum Maju

Jika persoalan pemerintahan bisa dibenahi,maka tujuan Otsus dapat tercapai.

selengkapnya
Tata Kelola Pemerintahan  Buruk Penyebab Papua Belum Maju