×
×
Senin, 01 Maret 2021
OBS 2019
loading content

Kemenag Segera Cairkan BLT untuk 745 Ribu Guru Honorer

Selasa, 03 November 2020, 14:49 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

Kemenag Segera Cairkan BLT untuk 745 Ribu Guru Honorer

Ilustrasi (Foto: Tribunnews)

Infoanggaran.com, Jakarta – Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) M Zain mengatakan, pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp2,4 juta untuk 745.415 guru honorer di lingkungan kementeriannya tinggal menunggu lampu hijau dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Data yang diajukan Kemenag sebagai calon penerima BLT sebesar Rp2,4 juta telah divalidasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Saat ini, hasil validasi BPJS sedang diajukan ke Kemenkeu untuk mendapatkan bantuan subsidi gaji," ujar Zain, Selasa (03/11/2020).

Selanjutanya, data hasil validasi BPJS ke Kemenkeu, pihak Inspektorat Jendral Kemenag selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) juga melakukan review sebagai bagian dari pengawasan internal.

Kendati demikian, bantuan tersebut tidak langsung diberikan sebanyak Rp2,4 juta. Rinciannya, para guru honorer yang mendaftar akan mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu selama empat bulan.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, memastikan dana BLT Guru Honorer dan Tenaga Pendidik (GTK) Non PNS segera cair kepada guru honorer yang telah memenuhi persyaratan.

Adapun dana BLT Guru Honorer merupakan dana dari sisa anggaran BLT BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp8 triliun.

“Dari alokasi dana Rp37,7 triliun itu kami kembalikan lagi Rp8 triliun karena data pekerja yang diterima awal 15,7 juta pekerja ternyata yang memenuhi syarat hanya 12,4 juta,” kata Ida.

 

Perluasan BLT

Dari berbagai dana sisa, pemerintah memperluas program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp2,4 juta atau program subsidi upah dari yang awalnya diberikan ke pekerja bergaji di bawah Rp5 juta kepada guru honorer di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Rencananya, ada 1,63 juta guru honorer Kemendikbud dan 749,5 ribu guru honorer Kemenag yang disasar sebagai penerima bantuan.

Adapun perluasan tersebut tak akan menambah beban anggaran negara. Pasalnya, alokasi awal BLT program subsidi gaji sebesar Rp37,87 triliun diprediksi hanya akan terealisasi sebesar Rp31,2 triliun.

Artinya, masih ada anggaran sebesar Rp6,67 triliun yang bisa digunakan untuk perluasan program.

Tagar. #BLT #kementerian agama #kementerian ketenagakerjaan #kemenag #guru honorer

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 26 Februari 2021, 20:25 WIB

Regulasi Perencanaan dan Keuangan Daerah Masih Bermasalah

Pendampingan dari Kemendagri terkait regulasi perencanaan dan keuangan daerah juga tidak maksimal.

selengkapnya
Regulasi Perencanaan dan Keuangan Daerah Masih Bermasalah
Program Vaksin Mandiri Resmi Dibuka, Ini Aturannya

Jumat, 26 Februari 2021, 19:16 WIB

Program Vaksin Mandiri Resmi Dibuka, Ini Aturannya