×
×
Selasa, 24 Mei 2022
OBS 2019
loading content

Kekerasan Meningkat, Mensos Minta Daerah Perkuat Perlindungan Anak

Senin, 07 Maret 2022, 17:44 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Maryono

Kekerasan Meningkat, Mensos Minta Daerah Perkuat Perlindungan Anak

Ilustrasi kekerasan terhadap anak, (Foto: hellosehat).

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta pemerintah daerah untuk memperkuat perlindungan anak guna mencegah kasus kekerasan kepada anak yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. 

Permintaan ini sudah dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengamanan dan Perlindungan Anak di Berbagai Lingkungan. SE itu ditujukan kepada gubernur, bupati/wali kota, dan para pemangku kepentingan. 

"Surat edaran ini dimaksudkan mengajak pemda untuk melakukan pencegahan, memberikan perlindungan dan memastikan anak mendapatkan lingkungan yang aman," kata Risma, melalui keterangan tertulis, Senin (7/3/2022) .

Risma menyampaikan bahwa pencegahan, penanganan, dan pendampingan terhadap anak memerlukan upaya yang terarah, terpadu, sistematis, serta berkelanjutan. 

Menurut dia, Kemensos sendiri telah merespons kasus kekerasan anak lewat upaya pencegahan meliputi pengasuhan, upaya pencegahan berfokus pada anak, orang tua dan komunitas, kampanye sosial, dan penegakan hukum. 

Data Kemensos mencatat, pelaku kekerasan terhadap anak banyak berasal dari lingkungan terdekat, yakni ayah kandung, ayah tiri, kakek, paman, tetangga, hingga pengasuh. 

“(Bahkan) perempuan dan anak korban kekerasan sering mengalami lebih dari satu tipe kekerasan. Sering terjadi dalam periode waktu tertentu dan dapat terjadi secara daring,” kata Risma. 

Data Kemensos per 6 Januari 2022 mengatakan, jumlah anak hamil akibat kekerasan seksual yang telah ditangani oleh Kemensos sebanyak 780 anak. Rinciannya, 568 orang sudah melahirkan dan 212 terdata belum melahirkan. 

Sementara itu,  hingga 31 Januari 2022, total kasus kekerasan terhadap anak mencapai 1.253. Dari jumlah ini, korban tertinggi pada kategori anak korban kejahatan seksual sebanyak 338 anak, anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis sebanyak 80 anak.

Tagar. #anak #perlindungan #mensos

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 20 Mei 2022, 22:16 WIB

Puan Minta RAPBN 2023 Tetap Alokasikan Dana untuk Warga Miskin

Hingga saat ini masih banyak rakyat kecil yang membutuhkan bantuan pemerintah.

selengkapnya
Puan Minta RAPBN 2023 Tetap Alokasikan Dana untuk Warga Miskin