×
×
Rabu, 27 Januari 2021
OBS 2019
loading content

Ini Strategi Mendagri Tito Pantau Kesiapan Pilkada 2020

Jumat, 27 November 2020, 13:36 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Ini Strategi Mendagri Tito Pantau Kesiapan Pilkada 2020

Mendagri Tito Karnavian. (otonominews.co.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta jajarannya segera membentuk tim untuk memantau kesiapan Pilkada 2020 yang diselenggarakan di sejumlah daerah.

Permintaan itu disampaikan kepada Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kemendagri saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA Tahun Anggaran 2021 di Kemendagri, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

"Tim ini masuk ke 32 provinsi untuk komunikasi dengan KPUD, briefing kepada KPPS, dan melihatan kesiapan TPS secara sampling, sehingga kita akan mendapatkan laporan nanti minggu depan ketika sudah turun dari 32 provinsi," jelas Tito.

Selain itu, Tito juga meminta Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk memonitor, mengakomodir, dan menyosialisasikan kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman atau memiliki surat keterangan perekaman KTP elektronik.

Langkah tersebut, kata Tito, agar masyarakat yang punya hak pilih tidak kehilangan hak pilihnya gegara tidak memiliki dokumen kependudukan.

"Target kita mudah-mudahan bisa naik partisipasi pemilih," tukas mantan Kapolri itu.

Lebih jauh Tito mengingatkan bahwa salah satu indikator keberhasilan pilkada bukan hanya sekadar aman dari gangguan konvensional, kekerasan, dan konflik semata. Tetapi, lanjutnya, aman dari penyebaran Covid-19 serta tingginya partisipasi pemilih.

Agar hal tersebut bisa diwujudkan, kata Tito, Pusat Penerangan dan Ditjen Otda Kemendagri perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat lewat media massa maupun media sosial.

Tagar. #Tito Karnavian #pilkada 2020 #kemendagri #kesiapan pilkada

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Selasa, 26 Januari 2021, 20:14 WIB

Pemerintah Tambah 8 Aturan Baru Turunan UU Ciptaker Soal PUPR

Saat ini, total regulasi turunan UU Ciptaker berjumlah 52.

selengkapnya
Pemerintah Tambah 8 Aturan Baru Turunan UU Ciptaker Soal PUPR
Anggaran PEN Naik Lagi Jadi Rp553 Triliun

Selasa, 26 Januari 2021, 13:48 WIB

Anggaran PEN Naik Lagi Jadi Rp553 Triliun