×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

HIPMI Dukung 40 Persen Belanja Pengadaan Barang untuk UMKM

Senin, 11 April 2022, 21:19 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

HIPMI Dukung 40 Persen Belanja Pengadaan Barang untuk UMKM

Ketua HIPMI Mardani H Maming. (Foto: tribunnews.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengaku mendukung kebijakan pemerintah yang mewajibkan 40 persen anggaran belanja pengadaan barang di kementerian dan lembaga (K/L) serta pemerintah daerah untuk membeli produk-produk UMKM.

"Salah satu yang sangat disupport tadi sama HIPMI dan ketum-ketum daerah adalah kebijakan beliau untuk membeli UMKM 40 persen," ujar Ketua HIPMI Mardani H Maming usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Mardani mengatakan, kebijakan tersebut  sangat membantu UMKM dan pengusaha Indonesia. Dia berharap kebijakan itu dapat berjalan dengan baik.

“Beliau tadi menyampaikan akan mengawasi setiap hari dan itu akan disambut sama pengurus-pengurus daerah maupun pengusaha-pengusaha yang ada di Indonesia,” tandas dia.

Jumat (25/3/2022) lalu, Jokowi menyemprot jajaran menteri, TNI-Polri, hingga instansi pemerintah yang sering kali membelanjakan anggarannya untuk produk-produk impor.

"Kalau kita beli barang impor bayangkan Bapak, Ibu, kita beri pekerjaan ke negara lain duit kita capital outflow keluar, pekerjaan ada di sana bukan di sini coba kita belokkan semua ke sini," kata Jokowi.

Saat itu, Jokowi memperingatkan jajarannya agar tidak lagi gemar belanja barang-barang impor.  "Kita harus memiliki keinginan yang sama untuk membeli, untuk bangga pada buatan kita sendiri, bangga buatan Indonesia," tegas dia.

Kemudian, Rabu (30/3/2022), Jokowi langsung meneken Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022.

Inpres tersebut diterbitkan untuk mempercepat peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM serta koperasi. Langkah ini guna menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Tagar. #UMKM #pengadaan barang/jasa #hipmi

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya