×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Harga Melonjak, Pemerintah Batasi Penyaluran Pupuk Subsidi

Selasa, 05 April 2022, 15:22 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

Harga Melonjak, Pemerintah Batasi Penyaluran Pupuk Subsidi

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto. (Youtube Sekretariat Presiden)

Infoanggaran.com, Jakarta - Pemerintah bakal membatasi penyaluran pupuk subsidi seiring melonjaknya harga pupuk imbas terhambatnya pasokan ke dalam negeri gegara perang Rusia dan Ukraina.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, nantinya pupuk subsidi diprioritaskan untuk komoditas padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai, tebu rakyat dan kakao.

"Kemudian, tentu pupuk yang disubsidi juga mulai dibatasi urea dan MPK," kata Airlangga dalam konferensi pers, Selasa (5/4/2022).

Airlangga mengatakan, saat ini harga pupuk urea mendekati 1.000 dolar AS per ton. Sementara, Indonesia mengimpor pupuk KCL dan potasium dari Ukraina.

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah meminta kenaikan harga pupuk diperhatikan. Bahkan, Jokowi mewanti-wanti agar subsidi pupuk tepat sasaran di tengah melonjaknya harga pupuk.

"Para petani bisa menerima pupuk sehingga tentunya harga pupuk tidak membuat kelangkaan pupuk dan tentunya pada akhirnya mendorong ketersediaan pangan yang aman," kata Airlangga.

Sebelumnya, PT Pupuk Indonesia memastikan ketersediaan bahan baku untuk produksi pupuk subsidi maupun nonsubsidi seperti fosfat dan kalium dalam kondisi aman, setidaknya hingga pertengahan 2022.

"Kami sudah mengantisipasi kebutuhan bahan baku ini dengan melakukan pengadaan jangka panjang sehingga cukup untuk memproduksi kebutuhan produksi NPK," kata SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana.

Menurut Wijaya, ketersediaan bahan baku adalah upaya perusahaan memenuhi kebutuhan pupuk nasional di tengah ketidakpastian global. Hal ini merupakan dampak dari pandemi hingga imbas konflik Rusia dengan Ukraina.

Tagar. #tata kelola pupuk bersubsidi #airlangga hartarto #subsidi pupuk

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya