×
×
Kamis, 23 September 2021
OBS 2019
loading content

FOINI Minta Informasi TWK Pegawai KPK Dibuka ke Publik

Jumat, 28 Mei 2021, 11:09 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

FOINI Minta Informasi TWK Pegawai KPK Dibuka ke Publik

Ilustrasi. (simpeldesa.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Freedom Information of Network Indonesia (FOINI) meminta informasi tes wawasan kebangsaan (TWK) yang digunakan untuk menyeleksi pegawai Komisi Pemberantasan KPK dibuka kepada publik.

"Publik berhak untuk mendapatkan informasi yang otentik dan akurat tentang soal-soal tes tertulis dan panduan wawancara dalam proses TWK," demikian keterangan FOINI yang diterima redaksi, Jumat (28/5/2021).

Dengan dibukanya informasi tersebut, FOINI berharap dapat mengakhiri polemik yang berkembang di publik.

Pnyelenggaraan dan hasil TWK Pegawai KPK dalam rangkaian proses peralihan status pegawai KPK menjadi ASN tengah menjadi polemik. Ssbanyak 75 orang Pegawai KPK dinyatakan tidak lulus TWK, juga daftar pertanyaan TWK dinilai banyak pihak tidak wajar dan cenderung diskriminatif untuk tujuan tertentu.

Hingga saat ini, FOINI sudah mendatangi KPK dan BKN RI untuk meminta informasi TWK yang digunakan untuk menyeleksi pegawai lembaga antirasuah pada 27 Mei 2021 kemarin.

Permintaan informasi itu berkenaan dengan dokumen asli yang berisi soal-soal tertulis TWK. Selain itu, dokumen asli panduan wawancara, termasuk daftar pertanyaan wawancara pada proses TWK pegawai KPK.

FOINI juga berharap masyarakat sipil agar dapat mengetahui, mengawasi, dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan hak atas informasi penyelenggaraan TWK yang terbuka.

"Demi mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan," pungkas jaringan organisasi masyarakat sipil dan individu yang fokus pada advokasi keterbukaan informasi itu.

Tagar. #KPK #partisipasi masyarakat #FOINI #keterbukaan informasi

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 22 September 2021, 23:03 WIB

Komisi XI DPR Ragu Core Tax System Efektif Dulang Pajak

Saat ini Kemenkeu sedang mematangkan pembuatan core tax system sebagai upaya dukungan peningkatan potensi penerimaan negara.

selengkapnya
Komisi XI DPR Ragu Core Tax System Efektif Dulang Pajak