×
Kamis, 24 September 2020
loading content

Fasilitasi Pasien OTG di Hotel, Kemenkeu Siapkan Rp3,5 Triliun

Rabu, 16 September 2020, 13:04 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

Fasilitasi Pasien OTG di Hotel, Kemenkeu Siapkan Rp3,5 Triliun

Ilustrasi fasilitas pasien OTG (Foto: Kumparan.com)

Infoanggaran.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp3,5 triliun untuk membayar fasilitas karantina pasien Covid-19 Orang Tanpa Gejala (OTG). Duit sebanyak itu dialokasikan untuk menyewa sejumlah hotel bintang dua dan tiga di Jakarta.

“Anggaran yang dialokasikan dapat tambahan Rp3,5 triliun untuk BNPB tentu termasuk antisipasi kemungkinan penggunaan hotel untuk ruang isolasi pasien,” kata Sri, Selasa (15/9/2020).

Menurut pengakuan Menkeu, pemerintah juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyiapkan fasilitas tersebut.

Hingga saat ini ada 15 Hotel di Jakarta yang disiapkan pemerintah untuk isolasi mandiri para OTG. Dia menekankan, anggaran Rp3,5 triliun ini akan segera diberikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP).

 

Ruang Isolasi

Tak hanya menyiapkan hotel untuk OTG, pemerintah juga tengah memaksimalkan gedung-gedung pelatihan lainnya agar bisa digunakan sebagai ruang isolasi.

"Prioritas utama kami adalah untuk semua penggunaan fasilitas itu dan berapa biaya untuk menggunakannya, ada perencanaan dan pertanggung-jawaban oleh unit seperti BNPB," jelas Sri.

Selain itu, terkait kebutuhan ruangan Intensive Care Unit (ICU) juga akan diperbanyak. Sebab, jumlah pasien Covid-19 di Jakarta masih tinggi.

Untuk itu, pemerintah menyiapkan beberapa tower di Kemayoran. "Untuk Jakarta, di Kemayoran itu beberapa tower sudah ditambahkan. Kalau enggak salah tower enam, tujuh dan beberapa di Wisma Atlet," tuturnya.

Untuk saat ini, Sri mengaku pemerintah hanya tinggal menunggu penggunaan secara maksimal seluruh fasilitas yang telah disiapkan.

Sebelumnya, Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, Airlangga Hartarto meyakinkan bahwa pemerintah masih memiliki dana yang cukup untuk menambah kapasitas kasur bagi pasien terjangkit virus corona.

"Pemerintah pusat akan meningkatkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan akan terus menambah fasilitas di hotel," kata Airlangga pekan lalu.

 

Tagar. #airlangga hartarto #sri mulyani #kemenkeu #BNPB #anggaran covid-19 #fasilitas covid-19

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 23 September 2020, 15:43 WIB

Anggaran Kemenag 2021 Naik Rp287,8 Miliar

Pagu anggaran Kemenag pada 2021 Rp66,96 triliun atau naik Rp287,8 miliar dari pagu indikatif dalam RAPBN 2021.

selengkapnya
Anggaran Kemenag 2021 Naik Rp287,8 Miliar