×
×
Rabu, 27 Januari 2021
OBS 2019
loading content

DPR Klaim e-Parlemen Mudahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi

Jumat, 20 November 2020, 12:31 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

DPR Klaim e-Parlemen Mudahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi

Gedung DPR RI (era.id)

Infoanggaran.com, Jakarta - Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI menyatakan sistem e-Parlemen bisa membuat kinerja lembaga legislatif lebih transparan. Bahkan mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada para wakil rakyat.

"E-Parlemen ini untuk masyarakat. Jadi, memudahkan dalam berkomunikasi dengan DPR," ujar Wakil Ketua BURT cum anggota Komisi VI DPR Evita Nursanty melalui keterangan tertulis, Kamis (19/11/2020).

Evita mengatakan e-Parlemen merupakan salah satu upaya DPR untuk mewujudkan parlemen yang modern dan akuntabel. Ketua DPR (Puan Maharani) juga berkomitmen mewujudkan DPR menjadi parlemen yang modern dan akuntabel. "E-Parlemen ini jadi suatu keniscayaan yang harus diimplementasikan DPR RI," sebutnya.

8 Oktober 2020 lalu, Sekretariat Jenderal DPR RI meluncurkan program e-Parlemen. Program pengembangan teknologi informasi ini sebagai upaya keterbukaan informasi dan data terkait rapat-rapat paripurna, yang bisa diakses secara digital oleh anggota legislatif dan khalayak umum.

 

Efektif dan Efisien

Setelah diluncurkan, Evita Nursanty mengatakan e-Parlemen bakal mengurangi penggunaan kertas dan secara bertahap menuju paperless dalam semua agenda kerja DPR.

"Dokumen-dokumen rapat atau undang-undang yang sebelumnya dicetak, di-fotocopy, saat ini sudah tinggal download. Lebih efektif dan efisien " ujar wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah II itu.

Selan itu, kata Eva, e-Parlemen juga bisa mewujudkan lembaga legislatif yang ramah lingkungan. Bahkan bisa menghemat anggaran dalam jangka panjang.

"Sudah pasti ada penghematan saat kita menerapkan e-Parlemen. Yang pling penting adalah keterbukaan dan memudahkan masyarakat," pungkas Evita.

Tagar. #dpr #e-parlemen #aspirasi masyarakat

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Selasa, 26 Januari 2021, 20:14 WIB

Pemerintah Tambah 8 Aturan Baru Turunan UU Ciptaker Soal PUPR

Saat ini, total regulasi turunan UU Ciptaker berjumlah 52.

selengkapnya
Pemerintah Tambah 8 Aturan Baru Turunan UU Ciptaker Soal PUPR
Anggaran PEN Naik Lagi Jadi Rp553 Triliun

Selasa, 26 Januari 2021, 13:48 WIB

Anggaran PEN Naik Lagi Jadi Rp553 Triliun