×
×
Minggu, 25 Juli 2021
OBS 2019
loading content

Dana Desa Bisa untuk Pelatihan Digital Masyarakat

Jumat, 18 Juni 2021, 18:40 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

Dana Desa Bisa untuk Pelatihan Digital Masyarakat

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Infoanggaran.com, Jakarta  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri membolehkan penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi masyarakat.

Hal tersebut untuk mendukung program digitalisasi nasional dan juga mendukung UMKM yang ingin mengembangkan dan menjual hasil usahanya di platform digital.

"Tentu Dana Desa sangat boleh untuk pelatihan digitalisasi, sesuai arahan presiden ini boleh digunakan apa saja kecuali yang dilarang," kata Halim, Jumat (18/6/2021).

Menurut Mendes, dalam aturan pemerintah, Dana Desa memang untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi tentu saja diperbolehkan karena masuk dalam kategori peningkatan SDM masyarakat.

Hanya saja, kata dia, penggunaan Dana Desa tersebut tetap harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam pengelolaan Dana Desa.

Halim menjelaskan bahwa digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan bagi masyarakat desa, terutama bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma). Dua lembaga dari desa ini memang telah diminta untuk meningkatkan kapasitas digitalisasinya.

"Saya imbau dan ajak semua BumDes dan BUMDes Bersama untuk terus meningkatkan kapasitas digitalisasinya," kata dia.

Untuk itu, peran desa diharapkan bisa melakukan konsolidasi dari hulu ke hilir. Terutama dalam hal distribusi barang dari produk yang dihasilkan masyarakat. Tujuannya untuk mencarikan pasar dari produk yang dihasilkan masyarakat desa.

"Utamanya untuk distribusi barang, sebagai upaya untuk mencarikan pasar bagi berbagai usaha yang dilakukan masyarakat," kata dia.

Sebelumnya di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk memanfaatkan Dana Desa untuk pelatihan digital masyarakat. Tujuannya, agar pelaku usaha bisa langsung mengakses pasar dengan teknologi.

Dengan demikian, pelaku usaha kecil-kecilan tidak lagi menjadi target para tengkulak yang kerap membeli dengan harga murah lalu menjual produk dengan harga tinggi.

"Dana Desa bisa digunakan untuk pelatihan digital biar mereka tidak dibatasi tengkulak lagi sehingga mereka bisa masuk ke pasar tingkat nasional," kata Luhut.

Tagar. #digitalisasi #Dana Desa #Mendes PDTT #BUMDes

Berita Terkait
Covid-19 'Paksa' Percepatan Transformasi Digital

Kamis, 13 Agustus 2020, 23:19 WIB

Covid-19 'Paksa' Percepatan Transformasi Digital
Artikel Lainnya

Jumat, 23 Juli 2021, 18:45 WIB

Penuhi Hak Dasar Masyarakat Sebelum Terapkan Pemidanaan

Esensi pembatasan sosial adalah pencegahan penularan sesama manusia, sehingga penghukuman bukanlah solusi.

selengkapnya
Penuhi Hak Dasar Masyarakat Sebelum Terapkan Pemidanaan
Penerimaan Cukai Rokok Naik 21 Persen

Jumat, 23 Juli 2021, 18:01 WIB

Penerimaan Cukai Rokok Naik 21 Persen