×
×
Sabtu, 23 Oktober 2021
OBS 2019
loading content

BUMDes Bisa Menjadi Kunci Pemulihan Ekonomi

Selasa, 08 Juni 2021, 18:46 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

BUMDes Bisa Menjadi Kunci Pemulihan Ekonomi

Ilustrasi (Foto: Kemendagri)

Infoanggaran.com, Jakarta  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut BUMDes adalah kunci kesuksesan dalam memulihkan ekonomi nasional di tingkat desa dalam situasi pandemi seperti sekarang ini.

“Unit usaha BUMDes, baik di sektor wisata, jasa, simpan pinjam dan sebagainya, akan berkontribusi untuk memulihkan ekonomi nasional di tingkat desa,” kata Gus Menteri, Selasa (8/6/2021).

Apalagi, posisi BUMDes saat ini telah resmi berbadan hukum dan setara dengan BUMN dan BUMD, tetapi pada level yang berbeda.

"Jadi kalau misalnya bicara tentang pengelolaan air di tingkat nasional dikelola oleh BUMN, pengelolaan air di tingkat kabupaten atau provinsi dikelola oleh BUMD, pengelolaan air di tingkat Desa maupun antardesa dikelola oleh BUMDes ataupun BUMDes Bersama," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak membatasi kerja sama yang dilakukan antardesa, bahkan lintas kabupaten maupun provinsi untuk membentuk BUMDes Bersama.

Dia mencontohkan, desa di Sidoarjo bisa membangun kerja sama dengan desa di NTT. Begitu pula desa di Papua bisa membangun kerja sama dengan desa di Aceh.

Saat ini, salah satu langkah yang dilakukan Kemendes adalah terus melakukan konsolidasi agar BUMDes semakin meningkat.

"Kita akan terus konsolidasi supaya semakin banyak BUMDes menggalakkan komoditas ekspor, ini juga tergantung dengan data-data, tentang potensi desa, potensi unggulan desa," katanya.

Sebagai contoh bahwa kegiatan BUMDes tidak dibatasi, lanjut Gus Menteri, saat ini sudah ada BUMDes yang melakukan ekspor. Salah satunya BUMDes di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan komoditas ekspor vanila.

Ke depannya, dia berharap semakin banyak BUMDes yang berorientasi ekspor. Kemendes mendorong pelaksanaan pemutakhiran data berbasis sustainable development goals (SDGs) Desa.

“Itulah makanya pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar lagi, agar semua permasalahan, semua potensi yang ada di Indonesia yang dimiliki oleh desa bisa terakumulasi dengan baik dan kemudian terkelola dengan maksimal,” tutup dia.

Tagar. #Mendes PDTT #Pemulihan Ekonomi #BUMDes #Kemendes PDTT

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 22 Oktober 2021, 14:42 WIB

ICJR: Reformasi Peradilan Pidana Stagnan, Respons Pemerintah Minim

Substansi RKUHP masih berpotensi menghadirkan overkriminalisasi dengan adanya sejumlah pasal karet.

selengkapnya
ICJR: Reformasi Peradilan Pidana Stagnan, Respons Pemerintah Minim
Proyek Kereta Cepat Tidak Boleh Pakai SiLPA APBN

Kamis, 21 Oktober 2021, 16:28 WIB

Proyek Kereta Cepat Tidak Boleh Pakai SiLPA APBN
Hadapi Ancaman Katastropik, APBN Bisa 'Lumpuh'

Selasa, 19 Oktober 2021, 19:56 WIB

Hadapi Ancaman Katastropik, APBN Bisa 'Lumpuh'
DBH-DAU Tak Lagi Wajib Dialokasikan untuk Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021, 11:24 WIB

DBH-DAU Tak Lagi Wajib Dialokasikan untuk Covid-19