×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

BI Luncurkan Pedoman SIAPIK untuk UMKM

Senin, 07 Maret 2022, 14:05 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

BI Luncurkan Pedoman SIAPIK untuk UMKM

Gedung Bank Indonesia. (Foto: bi.go.id)

 

Infoanggaran.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meluncurkan buku pedoman Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) untuk memperluas edukasi pencatatan keuangan secara digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Buku ini telah memenuhi kaidah perbankan dalam melakukan analisis kredit yang dapat dimanfaatkan sebagai panduan bagi lembaga, instansi, atau akademisi dan perorangan, atau stakeholder lain yang akan menyelenggarakan program literasi SIAPIK," ujar Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Yunita Resmi Sari, Senin (7/3/2022).

Yunita mengatakan, buku pedoman SIAPIK menyediakan materi pembelajaran untuk empat model literasi berdasarkan durasi dan kedalaman literasi yang akan dilakukan. Keempat model tersebut adalah sosialisasi, pelatihan untuk UMKM, pelatihan untuk pendidik, dan bahan untuk pendampingan penggunaan SIAPIK.

"Ini diharapkan dapat mempermudah pihak yang berkepentingan melakukan edukasi pelatihan dan pendampingan SIAPIK kepada UMKM," terang Yunita.

BI berharap kemudahan proses edukasi SIAPIK bisa membuat lebih banyak UMKM menggunakan SIAPIK menghasilkan laporan keuangan, dan mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

Yunita menjelaskan, aplikasi SIAPIK merupakan respons BI terhadap pertumbuhan pengguna internet serta perkembangan digitalisasi UMKM dalam beberapa tahun terakhir.

"SIAPIK merupakan aplikasi akuntansi yang menerapkan prinsip standar, mudah, aman, sederhana, dan handal, dan digunakan untuk mencatat transaksi keuangan baik melalui ponsel berbasis Android dan Ios maupun desktop," tukas dia.

Menurut dia, pengguna aplikasi SIAPIK hingga akhir 2021 baru tercatat sebanyak 17.837 pengguna.

"Dari jumlah itu, sebanyak 724 UMKM pengguna SIAPIK telah memperoleh pembiayaan dari perbankan dengan total Rp18,3 miliar," imbuh Yunita.



Tagar. #UMKM #siapik #bank indonesia

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya