×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Bantuan Tunai ke Nelayan Bisa Kurangi Kemiskinan Ekstrem

Senin, 14 Maret 2022, 15:36 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

Bantuan Tunai ke Nelayan Bisa Kurangi Kemiskinan Ekstrem

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto. (Foto: bisnis.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Pemerintah memperluas cakupan penerima program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) pada 2022. Target penerima manfaat itu diperluas kepada nelayan atau BT-PKLWN di daerah pesisir.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto meyakini perluasan BT-PKLW menjadi BT-PKLWN bisa mengurangi kemiskinan ekstrem.

"Pemerintah melanjutkan program BT-PKLW dengan tambahan nelayan sebagai penerima manfaat. Khusus untuk nelayan, ini adalah program pertama di 2022 yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

Airlangga membeberkan, secara spesifik BT-PKLWN 2022 ini bakal disalurkan kepada penerima manfaat yang berada di 212 kabupaten/kota.

Besaran bantuan adalah Rp600 ribu per orang dengan total 2,76 juta penerima. Rinciannya terdiri dari 1 juta untuk PKLW dan 1,76 juta nelayan.

"Khusus untuk nelayan kriterianya adalah mereka pelaku usaha Kelautan dan Perikanan yang merupakan nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal, atau nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT (Gross Tonase)," terang Ketua Umum Golkar itu.

Airlangga melanjutkan, penyaluran BT-PKLWN di 212 kabupaten/kota ini akan dilakukan oleh TNI dan Polri. Rinciannya, 106 kabupaten/kota disalurkan oleh TNI dan 106 kabupaten/kota lagi oleh Polri.

"Pemerintah berkepentingan agar bantuan ini dapat diterima oleh penerima manfaat secara langsung yang benar-benar berhak sehingga pemerintah menugaskan TNI dan Polri untuk melakukan pendataan dan bantuan ke masyarakat," ungkap dia.

Airlangga menegaskan, program BT-PKLWN merupakan bukti kehadiran pemerintah dalam menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah akibat pandemi Covid-19.

"Karena itu, perlu diberikan bantuan secara tunai untuk PKL, warung, dan nelayan yang belum mendapatkan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro)," tandas dia.

Tagar. #kemiskinan ekstrem #bantuan langsung tunai #airlangga hartarto

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya