×
×
Selasa, 24 Mei 2022
OBS 2019
loading content

Anggaran Perubahan Iklim Butuh Tambahan Rp200 T

Kamis, 12 Mei 2022, 17:28 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Romauli Lubis

Anggaran Perubahan Iklim Butuh Tambahan Rp200 T

Ilustrasi perubahan iklim. (Foto: kompas.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal mengungkapkan, pemerintah membutuhkan tambahan pendanaan sekitar Rp200 triliun per tahun untuk memenuhi target pengendalian perubahan iklim.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Indra Darmawan mengatakan, kebutuhan anggaran perubahan iklim sebesar Rp343,6 triliun per tahun. Sedangkan kemampuan APBN rata-rata hanya Rp102,56 triliun per tahun.

"Gap-nya Rp200-an triliun per tahun financing yang kita perlukan untuk bisa memenuhi target-target yang kita setting," terang Indra dalam webinar, Kamis (12/5/2022).

Dalam Nationally Determined Contribution (NDC), pemerintah berkomitmen untuk mencapai target penurunan emisi sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukukan internasional  pada 2030 mendatang. Bahkan, pemerintah bertekad mewujudkan net zero emission pada 2060.

"Tapi ini perlu pendanaan. Komitmen atau target yang tinggi tersebut ternyata memang memerlukan financing yang sangat besar," tukas Indra.

"Tidak kurang dari Rp340 triliun per tahun selama 10 tahun ke depan. Itu yang kita butuhkan untuk mencapai NDC. Sementara kita baru bisa upayakan 29-30 persennya," tambah dia.

Menurut Indra, BKPM menyadari bahwa investasi menjadi strategi jitu untuk bisa mendapatkan kekurangan kebutuhan pendanaan pengendalian perubahan iklim. Hanya saja, belum bisa menghitung lebih rinci investasi hijau di Indonesia.

Meski demikian, sambung dia, saat ini BKPM telah meluncurkan 47 proyek investasi berkelanjutan yang telah dilengkapi dengan prastudi kelayakan alias pra feasibility study (FS).

"Ini akan kita teruskan ke depan agar proyek-proyek investasi harus selalu ramah lingkungan," jelas Indra.

Tagar. #emisi karbon #perubahan iklim #anggaran perubahan iklim

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 20 Mei 2022, 22:16 WIB

Puan Minta RAPBN 2023 Tetap Alokasikan Dana untuk Warga Miskin

Hingga saat ini masih banyak rakyat kecil yang membutuhkan bantuan pemerintah.

selengkapnya
Puan Minta RAPBN 2023 Tetap Alokasikan Dana untuk Warga Miskin