×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

Alokasi 40 Persen APBD Dorong Belanja ke UMKM Rp200 T

Selasa, 26 April 2022, 17:30 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Maryono

Alokasi 40 Persen APBD Dorong Belanja ke UMKM Rp200 T

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: cerdasbelanja).

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan, alokasi 40 persen dana APBD diyakini bakal mendorong belanja ke UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) hingga Rp200 triliun. Jumlah ini berasal dari APBD provinsi Rp57 triliun dan kabupaten/kota Rp143 triliun. 

“Anggaran itu berasal dari alokasi APBD untuk pengadaan barang dan jasa yang mencapai Rp502,34 triliun, yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,” kata Tito, dilansir pada Selasa (26/4/2022).

Menurut Tito, banyak pemerintah daerah (pemda) yang telah menindaklanjuti kebijakan itu. Malah, per 11 April 2022, nilai komitmen dari pemda yang ada untuk belanja dari UMKM telah mencapai Rp257 triliun. 

Untuk memastikan keberhasilan pemda memenuhi targetnya, Kemendagri tengah memformulasikan kebijakan. Mulai dari perencanaan yaitu musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang harus mencantumkan alokasi APBD untuk UMKM.

Lalu, ada pengawasan berjenjang kepada gubernur, dari gubernur kepada para bupati dan wali kota.

Kemudian, tahap peninjauan yaitu setiap pemda wajib melampirkan rencana pembelian barang dan jasa minimal sebesar 40 persen dari APBD. 

"Saya akan menandatangani jika ada lampiran rencana penggunaan APBD sebesar 40 persen," kata Tito. 

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga akan terlibat untuk memastikan ketaatan pemda dalam melakukan alokasikan dan realisasi 40 persen APBD untuk belanja ke UMKM.

Tagar. #UMKM #apbd #belanja #Menteri Dalam Negeri #Tito Karnavian

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya