×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

Airlangga: UMKM Jadi Proritas Program PEN

Jumat, 11 Februari 2022, 13:53 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Airlangga: UMKM Jadi Proritas Program PEN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. (Foto: bisnis.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, UMKM menjadi prioritas dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2022. Langkah ini dilakukan guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

"Di tahun ini, UMKM juga akan mendapatkan prioritas dalam alokasi anggaran PEN guna mendorong pemulihan yang lebih cepat,” jelas Airlangga, dilansir dari laman resmi Kemenko Perekonomian pada Jumat (11/2/2022).

Airlangga mengatakan, pemerintah memberikan kebijakan restrukturisasi kredit untuk mengurangi beban para debitur sebagai wujud keberpihakan dan dukungan bagi sektor UMKM yang sangat terdampak selama masa pandemi.

Pemerintah juga mendorong peningkatan perluasan akses pembiayaan untuk UMKM melalui Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM). Bahkan, pemerintah telah membentuk holding BUMN pembiayaan ultra mikro (UMi) yang bisa diakeses oleh pelaku UMKM.

Tidak hanya itu, lanjut Airlangga, pemerintah juga terus mendorong pengembangan program Kredit Usaha Rayat (KUR) untuk dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas lagi.

Selain memberikan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen hingga 30 Juni 2022, plafon KUR 2022 juga mengalami peningkatan 30 persen dari tahun sebelumnya menjadi Rp373,17 triliun.

“Ini merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk membantu UMKM mengakses pembiayaan usaha yang terjangkau melalui KUR,” tandas Menko Airlangga.

Tagar. #airlangga hartarto #UMKM #pemulihan ekonomi nasional #anggaran pen

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya