×
×
Kamis, 18 Agustus 2022
OBS 2019
loading content

Airlangga: Dunia Usaha Sektor Pariwisata Butuh Bantuan

Rabu, 09 Februari 2022, 17:42 WIB
Penulis: Maryono
Editor: Jimmy Radjah

Airlangga: Dunia Usaha Sektor Pariwisata Butuh Bantuan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. (Foto: liputan6.com)

Infoanggaran.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah terus berusaha memberikan bantuan kepada dunia usaha sektor pariwisata untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi.

Menurut Airlangga, pemerintah menyadari bahwa dunia usaha masih perlu mendapat bantuan untuk mempercepat pemulihan sektor swasta.

Terlebih, selama pandemi Covid-19, sektor pariwisata disebut paling terdampak sehingga memerlukan penanganan secara bertahap untuk menyelesaikan berbagai tantangan seperti konsistensi penerapan standar di sektor kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan oleh masyarakat.

“Serta, terbatasnya aktivitas pariwisata akibat berbagai negara belum siap untuk membuka perbatasan dan menerima wisatawan mancanegara,” ujar Airlangga dalam rapat kerja nasional II Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Rabu (9/2/2022).

Airlangga membeberkan, pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata. Salah satunya, pemberian insentif dengan anggaran sebesar Rp4,55 triliun untuk menunjang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah juga mendorong kegiatan pariwisata seperti Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, serta Superbike Mandalika Internasional Circuit dengan anggaran yang disediakan sebesar Rp 3,39 triliun.

Airlangga menambahkan, pemerintah juga turut mengembangkan travel bubble (skema membuka gerbang pariwisata antar negara selama pandemi Covid-19) secara unilateral maupun bilateral seperti di Batam dan Bintan.

"Kita berharap dalam waktu dua minggu ke depan, jumlah feri akan meningkat di Batam-Bintan dan juga diberikan kemudahan untuk tidak dilakukan karantina di Singapura berbasis kepada VTL (vaccinated travel lane),” kata tandas dia.

Lebih lanjut, Airlangga mengingatkan bahwa penguatan protokol kesehatan di berbagai destinasi wisata menjadi kunci menangani pandemi.

Tidak hanya itu, pengelola wisata sebaiknya mempunyai Satuan Tugas Covid-19 yang telah memenuhi standar CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability).

“Saya mengajak semua untuk memperkuat kerjasama lintas sektor agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” imbuh Airlangga.

Tagar. #airlangga hartarto #pemulihan ekonomi nasional #pariwisata

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya