×
×
Kamis, 13 Mei 2021
OBS 2019
loading content

5 Fraksi Tolak RUU Ketahanan Keluarga Masuk Prolegnas

Selasa, 24 November 2020, 15:07 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

5 Fraksi Tolak RUU Ketahanan Keluarga Masuk Prolegnas

Ilustrasi (Foto: Detik.news)

Infoanggaran.com, Jakarta Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas menyatakan Rancangan Undang-undang (RUU) Ketahanan Keluarga batal masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Proritas 2021. Lima dari sembilan fraksi di DPR menolak RUU Ketahanan Keluarga karena keberadaannya dianggap belum terlalu mendesak. 

"Mayoritas fraksi menolak RUU ini, maka kami belum bisa meneruskan RUU Ketahanan Keluarga ke tingkat selanjutnya. Maka tugas kami sudah selesai untuk saat ini," kata Supratman, Selasa (24/11/2020).

Lima fraksi yang menolak RUU Ketahanan Keluarga adalah PDIP, Golkar, PKB, Demokrat, dan Nasdem. Sementara empat fraksi yang mendukung adalah Gerindra, PKS, PAN, serta PPP.

Mayoritas fraksi yang menolak beranggapan bahwa RUU Ketahanan Keluarga belum terlalu mendesak untuk disahkan. Beberapa fraksi juga berpandangan RUU ini terlalu mengintervensi urusan rumah tangga masyarakat.

Selain itu, ada potensi tumpang tindih dengan RUU yang sudah ada. Misalnya, dengan UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dan UU Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

"Sikap fraksi saat ini sudah jadi gambaran sebenarnya, tetapi penentuan soal prolegnas ada di panja prolegnas. Yang jelas untuk saat ini kami tidak bisa melanjutkan pembahasan RUU Ketahanan Keluarga ini," ucap Supratman.

 

Tergantung Panja

Meski sebagian besar fraksi menolak, Supratman mengatakan RUU itu tidak serta-merta RUU itu ditolak dari Prolegnas Prioritas 2021. Baleg hanya mengambil keputusan apakah RUU itu bisa dibahas lebih lanjut di tingkat selanjutnya.

"Maka nanti keputusan dilanjutkan atau tidak akan sangat tergantung Panja Prolegnas yang akan datang," ujar Supratman.

Rapat Panja Prolegnas Prioritas 2021 akan kembali digelar Selasa siang ini. Supratman bilang Prolegnas Prioritas 2021 akan diputuskan Rabu (25/11/2020).

Sebelumnya, RUU Ketahanan Keluarga memicu kontroversi. RUU ini ditolak sejumlah elemen masyarakat yang mendukung kesetaraan gender dan perlindungan perempuan.

Sejumlah aturan RUU Ketahanan Keluarga yang ditolak masyarakat adalah soal pasutri harus saling mencintai sebelum menikah, istri wajib urus rumah tangga, pengaturan penggunaan sperma, hingga pemisahan kamar orang tua dan anak agar tak terjadi inses.

Tagar. #prolegnas prioritas #DPR RI #Baleg DPR RI #ruu ketahanan keluarga

Berita Terkait
Ini 33 RUU Prioritas Prolegnas 2021

Senin, 18 Januari 2021, 19:57 WIB

Ini 33 RUU Prioritas Prolegnas 2021
RUU PKS Terbentur dengan Paradigma Masyarakat

Selasa, 04 Agustus 2020, 19:51 WIB

RUU PKS Terbentur dengan Paradigma Masyarakat
Artikel Lainnya

Selasa, 11 Mei 2021, 17:50 WIB

Tata Kelola Pemerintahan Buruk Penyebab Papua Belum Maju

Jika persoalan pemerintahan bisa dibenahi,maka tujuan Otsus dapat tercapai.

selengkapnya
Tata Kelola Pemerintahan  Buruk Penyebab Papua Belum Maju