×
×
Sabtu, 02 Juli 2022
OBS 2019
loading content

40 Persen Belanja APBD Harus untuk UMKM

Jumat, 25 Februari 2022, 21:28 WIB
Penulis: Romauli Lubis
Editor: Maryono

40 Persen Belanja APBD Harus untuk UMKM

UMKM pengrajin meubel di Jepara. (Foto: forestsnews)

Infoanggaran.com, Jakarta – Sebanyak 40 persen belanja APBD harus dialokasikan untuk membeli produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).  

Komitmen ini menjadi kesepakatan antara Kemendagri dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) guna mendorong kemajuan UMKM di Tanah Air.

Kesepakatan itu termuat dalam Surat Edaran Bersama (SEB) Kemendagri dan LKPP yang ditandatangani di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (25/2/2022).

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, langkah ini merupakan implementasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), yang merupakan arahan langsung Presiden Jokowi untuk memanfaatkan produk dalam negeri.

“Produk dalam negeri kita itu tidak kalah kualitasnya dengan luar negeri, untuk beberapa banyak item kenapa kita harus beli (produk dari) luar negeri,” ucap Tito.

Keunggulan produk Indonesia juga didukung faktor keanekaragaman budaya yang menghasilkan banyak kreativitas. 

Tito mengatakan, sesuai arahan presiden, pemerintah daerah (pemda) harus   mendorong UMKM menghasilkan produk kreatif yang sesuai kebutuhan.  

“Oleh karena itu, ide LKPP membuat e-katalog sangat bagus. Melalui e-katalog maka proses lelang menjadi tidak berbelit,” imbuh mantan Kapolri ini.

Lebih lanjut Tito menilai, pemanfaatan layanan e-katalog tersebut bakal membantu pemerintah mencegah praktik korupsi. Lantaran dalam proses itu ada upaya penyederhanaan realisasi belanja. 

Platform toko daring LKPP juga mendapat pujian. Melalui toko tersebut, produk-produk UMKM dapat ditawarkan dan dilihat oleh pemda. 

"Oleh karena itu UMKM harus menggenjot produksi barang dan jasa yang diperlukan pemerintah. Sehingga, hasil produksi tersebut berpeluang besar untuk dapat dimanfaatkan pemda," tukasnya. 

Tito optimistis, kerjasama Kemendagri dengan LKPP ini akan mendorong semakin banyak item yang diproduksi UMKM.  Sehingga aktivitas belanja dari APBD semakin banyak dan menguatkan ekonomi UMKM.

Tagar. #produk #UMKM #apbd #lkpp

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Rabu, 25 Mei 2022, 17:31 WIB

Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya

Pencairan ini sangat krusial lantaran tahapan pendaftaran partai dan verifikasi partai akan mulai pada Agustus dan Desember.

selengkapnya
Anggaran Pemilu Belum Cair Seluruhnya