×
×
Minggu, 25 Juli 2021
OBS 2019
loading content

Pemerintah Percepat Target Net Zero Emission Sebelum 2060

Kamis, 22 April 2021, 15:57 WIB
Penulis: Yenglis Dongche
Editor: Jimmy Radjah

 Pemerintah Percepat Target Net Zero Emission Sebelum 2060

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Infoanggaran.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah tengah berupaya mempercepat target nol emisi karbon atau net zero emission sebelum 2060. 

“Salah satu upaya yang dilakukan melalui peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT),” jelas Luhut melalui konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Menurut Luhut, Indonesia tidak lama lagi akan meninggalkan energi fosil memasuki era energi terbarukan untuk menghindari pemanasan bumi.

“Target ini akan terus kita dorong, sehingga kita mungkin bisa lebih cepat dari yang sudah disebutkan sebelumnya di 2060,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Luhut, saat ini Indonesia sudah menjadi negara acuan dalam pengelolaan EBT. "Karena Indonesia konsisten, sampai hari ini menjadi salah satu acuan yang efisien di dalam pengelolaan energi baru terbarukan," tutupnya.

 

Bencana Perubahan Iklim

Terpisah, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Laksmi Dhewanthi mengatakan, belakangan ini Indonesia menghadapi bencana hidrometeorologis yang sangat terkait dengan perubahan iklim seperti banjir, longsor, kenaikan muka air laut.

“Bencana tersebut sangat merugikan dari aspek ekonomi, aspek lingkungan hidup dan kesehatan,” ujar Laksmi dalam webinar Kamis (22/4/2021).

Untuk itu, adaptasi perubahan iklim sama pentingnya dengan mitigasi perubahan iklim dan merupakan elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam konteks pengendalian perubahan iklim.

Untuk diketahui, penurunan gas emisi rumah kaca nasional yang sudah dipublikasikan pada tahun 2019 adalah sebesar 241,72 juta ton CO2 dengan kontribusi sektor kehutanan sebesar 68 persen dari total penurunan emisi gas rumah kaca tersebut.

Sebelumnya, Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Medrilzam mengatakan, peningkatan emisi sejalan dengan menurunnya aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat.

"Oleh karena itu kita mulai dibicarakan skema net zero emission, ini menjadi tantangan. Masalah ini tidak bisa lagi ditangani business as usual," ujar Medrilzam.

Pemerintah, kata dia, sudah memiliki fokus terkait masalah lingkungan dan perubahan iklim sebagaimana yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Arah pembangunan seperti apa, isu perubahan iklim harus diantisipasi betul, karena dampaknya besar. Pemerintah sudah sangat aware budget-nya sudah ada dan rencana implementasinya,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BPDLH, Kementerian Keuangan Djoko Hendratto salah satunya tantangan mencapai target net zero emission karena Indonesia belum memiliki Undang-undang (UU) khusus yang mengatur tentang badan atau lembaga penerima dana dan masih mengadopsi UU pasar modal.

“Sehingga perlu sering melakukan sosialisasi ke lembaga internasional,” tuturnya.

Tagar. #ebt #emisi karbon #perubahan iklim #Net Zero Emission

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 23 Juli 2021, 18:45 WIB

Penuhi Hak Dasar Masyarakat Sebelum Terapkan Pemidanaan

Esensi pembatasan sosial adalah pencegahan penularan sesama manusia, sehingga penghukuman bukanlah solusi.

selengkapnya
Penuhi Hak Dasar Masyarakat Sebelum Terapkan Pemidanaan
Penerimaan Cukai Rokok Naik 21 Persen

Jumat, 23 Juli 2021, 18:01 WIB

Penerimaan Cukai Rokok Naik 21 Persen