×
×
Senin, 01 Maret 2021
OBS 2019
loading content

Fantastis! Provinsi Aceh Alokasikan Anggaran Pelatihan Rp571 Miliar

Selasa, 21 Januari 2020, 11:24 WIB
Penulis: Maryono

 Fantastis! Provinsi Aceh Alokasikan Anggaran Pelatihan Rp571 Miliar

Ilustrasi pelatihan Pemprov Aceh (Foto: acehprov.go.id)

infoanggaran.com – Jakarta, Anggaran pelatihan Provinsi Aceh cukup fantastis. Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2020 mengalokasikan Rp571 miliar. Lebih dari setengah triliun. Duit ini sebagian besar bersumber dari dana otonomi khusus yang disetor Pemerintah Pusat.

Mengetahui jumlah tersebut, Anggota DPR Aceh Reza Fahlevi Kirani mengaku kaget. “(kegiatan pelatihan) tidak ada korelasi langsung dengan peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan rakyat," politisi Partai Nanggroe Aceh (PNA) ini beralasan, seperti dilansir serambinewscom pada Rabu (16/1/2020).

Berdasar data yang dihimpun infoanggaran.com, alokasi anggaran pelatihan dalam APBA terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Dalam APBA 2020, anggarannya meningkat Rp26 miliar ketimbang APBA-P 2019 yang mengalokasikan Rp547 miliar. Sedangkan anggaran pelatihan dalam APBA 2018 sebesar Rp521 miliar.

Fahlevi menilai dinas-dinas di Provinsi Aceh sangat berlomba-lomba mengusulkan anggaran pelatihan di setiap tahun. Namun faktanya, menurutnya, kinerja birokrat Aceh tak pernah meningkat meski sudah banyak kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dinas setiap tahunnya.

"Yang banyak bekerja justru tenaga kontrak. Sementara ASN hanya pandai menghabiskan SPPD (surat perintah perjalanan dinas-red),” tegasnya.

Lebih lanjut, Fahlevi berharap Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memangkas anggaran tersebut pada APBA-Perubahan 2020 nanti. lalu direalokasikan untuk kegiatan yang sifatnya mengejar target pembangunan.

Tagar. #Anggaran #APBA Aceh

Berita Terkait
Artikel Lainnya

Jumat, 26 Februari 2021, 11:27 WIB

Banjir DKI: Masterplan Tidak Jelas, Anggaran Tak Prioritas

Fraksi PSI DPRD DKI akan menggunakan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Gubernur Anies Baswedan terkait penanganan banjir.

selengkapnya
Banjir DKI: Masterplan Tidak Jelas, Anggaran Tak Prioritas